Motor Listrik

Generator AC 1 fasa

Generator 1 fasa adalah generator yang bisa menghasilkan tegangan 1 fasa jadi generator ini hanya memiliki satu kumparan stator saja.

Bagian dari generator ini terdiri dari

  1. Stator adalah bagian generator yang tidak berputar
  2. Rotor adalah bagian generator yang bergerak.

Kontruksi generator syinchon dapat dibedakan :

  1. Generator kutup luar, biasanya bagian magnet yang tetap sedangkan kumparan tempat terbentuknya GGL adalah bagian yang bergerak / berputar.
  2. Generator kutup dalam, pada generator ini bagian magnet adalah bagian yang bergerak / berputar sedangkan kumparan tempat terbentuknya GGL adalah bagian yang tidak bergerak.

Ditinjau dari jenis penguatan arus kemagnetan maka generator dibedakan menjadi

  1. Generator penguat sendiri ( self exited )
  2. Generator penguat terpisah ( separately Exinted ).

Motor 1 fasa G=24 P=4 Half coil

Jenis – jenis motor AC dapan dibedakan

1.       Motor seri

2.       Motor Shaded pole

3.       Motor repulse

4.       Motor universal

5.       Run kapasitor

6.       Star kapasitor

Motor star kapasitor biasanya mempunyai saklar sentifugal , saklar yang berfungsi untuk memutus kumparan bantu ( auxiliri winding )jika motor sudah berputar  75 %  dari putaran normal, sehingga motor tersebuk yang bekerja hanya kumparan utamanya saja ( main winding ).

Untuk membalik arah putaran motor tersebut dapat dilakukan dengan membalik arah arus pada kumparan bantu atau pun kumparan utama, dengan syarat motor tersebut harus berhenti berputar dahulu….

Motor 1 fasa G= 24 P=4 full ( Whole ) coil

Jenis – jenis motor kapasitor

1.       Run kapasitor

2.       Star kapasitor

3.       Doble kapasitor

Motor kapasitor ini putarannya (n) sangat tertentu, yang dipengarui oleh:

1.       Jumlah kutup magnet ( p )

2.       Frekuensi listrik ( f )

Sehingga  : n = 120 X f / p ( rpm )

Untuk  melilit stator kita harus mengetahui

1.       Jumlah kutupnya ( P )

2.       Jumlah alur  ( G )

3.       Lebar kumparan ( yg )

4.       Jumlah alur tiap fasa tiap kutup ( q )

Sehingga : yg = G/P

Motor listrik  dilihat dari bentuk lilitanya dibedakan menjadi 2

1.       Lilitan consentris ( memusat )

2.       Lilitan distribusi ( tersebar )

Jenis lilitan stator dibedakan menjadi

1.       Jenis lilitan Whole (full) coil

2.       Jenis lilitan Half coil

Motor 3 fasa G=36 P=6 Whole (full) coil

Berdasarkan bentuk kepala penghubung antara sisi-sisi kumparan, maka stator dapat dibedakan

1.       Barrel type yaitu biasanya menggunakan lilitan gelung lilitan yang bergeseran/tersebar(lilitan distri busi)

2.       Spiral type merupakan motor yang lilitanya terpusat ( consentrin )

Berdasarkan perbandingan jumlah kelompok kumparan dengan jumlah kutup magnet yang digunakan, maka stator dapat dibedakan

1.       Lilitan kumparan setengah ( half coil winding ) yaitu bila kelompok kumparan setengah lebih banyak jumlah kutup – kutup magnet.

2.       Lilitan kumparan penuh ( whole coil winding ) yakni bila kelompok kumparan sama dengan jumlah kutup – kutup magnet.

Berdasarkan jarak antar kutup magnet, lilitan stator dapat dibedakan

1.       Langkah penuh (full pitch ) yani bila langkah lilitan sisi-sisi kumparan pada satu kelompok kumparan sama dengan 180 derajat listrik. Y=π

2.       Langkah pendek ( fracti – pitch ) yakni apabila langkah lilitan sisi-sisi kumparan pada satu kelompok kumparan lebil kecil dari 180 derajat listrik. Y<π

Motor 3 fasa G=24 P=4 half coil consentris

Untuk melilit stator generatot ataupun stator motor, kita harus memperhatikan beberapa factor, antara lain:

a.       Jumlah phase ( m )

b.      Jumlah alur ( G )

c.       Jumlah kutup ( P )

Sehingga G=P.m.q

q= jumlah alur perkutup setiap phase

motor 3 fasa G=24 P=4 full coil consentris

motor 3 fase putaranya dipengarui oleh factor frekuensi (f), jumlah kutup magnet, motor tesebut pada terminal terdapat notasi : UVW ; XYZ dan dapat disambungkan secara bintang ( setar ) Y atau delta (∆)

motor 3 fase yang dapat dirubah kecepatannya menjadi 2 sampai 4 kecepatan disebut “motor dahlander”  perubahan tersebut berubah karena perubahan kutup magnet.

Motor dc seri

Tranformator 1 fasa

Tranformator 3 fasa

Generator 3 fasa

Langkah kerja mengulung motor listrik

Motor listrik ada yang 1 & 3 fase.

Ada dua macam kumparan yaitu : konsentris & Spiral. Untuk memperbaiki motor listrik atau generator & sejenisnya, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Di gambar lebih dahulu ( Bagi pemula ) alurnya, perencanaan dan daftar lilitan full coil atau half coil serta dihitung dulu jumlah lilitan aslinya….

Prespan ( Kertas plastik yang yang digunakan untuk melapisi antara kawat email dengan bodi pada alur)

Kertas prespan atau mika untuk melapisi Email Kumparan ( lilitan ) disesuaikan dengan diameter aslinya.

Ukurlah lebar kumparan pada stator dan buatlah mal

Mal : Diameter lingkaran pada kumparan.

Sirlak : Untuk memolesi kumparan yang sudah terpasang pada motor supaya jika ada goresan pada email bisa tertutupi.

Pasanglah kumparan/kawat email pada alur – alur yang telah digulung mulai dari kumparan utama dahulu.

Setelah semua kumparan terpasang pada alur, harus di meger dahulu. Untuk mengetahui supaya ada kumparan yang terhubung dengan body

Setelah memasang kumparan sebaiknya di meger dulu. Gunanya untuk mengecek apakah kumparan tidak mengalami kebocoran.

Dapat juga menggunakan ohm meter untuk mengetahui tahanan tiap kumparan, tahanan antar kumparan itu kan bisa pengganti Meger jika tidak punya…

Meger : Memberi arus listrik AC dengan menggunakan alat ( Tool ) di putar sehingga menghasilkan arus listrik sampai 1000 Volt. Jadi harus hati-2 agar tidak kena arus lisrik.

Setelah selesai melilit stator, mengukur kumparan dan hasilnya baik kita coba dengan tegangan listrik…… semoga beruntung…amin

Sebenarnya motor listrik dan generator listrik banyak dipakai didalam kehidupan kita, maka untuk itu sebagai seorang yang suka akan elektro/listrik kita setidaknya mengetauhi cara melilit motor tersebut…. Sapa tahu kita mengalami kerusakan motor, misal pada pompa air, mesin cuci kan kalau kita bisa memperbaiki sendiri menjadi kebanggan kita….

109 Comments (+add yours?)

  1. enceng sarifudin
    May 01, 2009 @ 01:21:29

    sy menggulung motor pompa air tpi tidak normal,begitu distart laju putaran lamban,tak lama kemudian baru start nya normal.apa penyebabnya? mohon petunjuk

    menurut pengalaman aku ya? klu pompa air kayak gitu penyebabnya:
    1. porosnya kotor ( bisa karena lama g digunakan… lakernya dah aus… karatan… dsb………… Diliat dulu wae..
    2. konsleting antar kumparan bisa….. coba dicek aruse… klu besar banget melewati ambang batas itu konslet, ato dites pake mergel ato multi meter bisa kok…
    mungkin dari aku cuman itu aja….. terus dicoba wae…

    Reply

  2. Deden
    Jun 02, 2009 @ 12:14:44

    Salam Kenal,,,
    Saya dulu pernah melilit ulang Motor Listrik 3 fhasa yg 24 alur ( untuk Blower & kompeyor ) biasa saya lilit kumparanya maju ke kanan namun saya temukan lagi arah kumparannya ke kiri, yang jadi pertanyaan apakah ada perbedaan mengenai langkah kumparan yang maju ke kanan atau ke kiri,,,,,,?
    mohon penjelasannya. trims

    Reply

    • dedy9
      Jun 05, 2009 @ 18:15:20

      gini mas deden….. kan kutup motor 3 fasa yang jenengan lilit itu kan ada 6 kutup kan? ( itu biasane ) terus jangan diperhatikan arah kumparannya…. yang diperhatikan itu arah arusnya saja…… yang penting didalam motor itu terjadi 3 pasang kutup magnet yang berlawanan……. besok tak gambar ke…

      Reply

      • Deden
        Jun 19, 2009 @ 09:22:21

        Terima Kasih mas Dedi untuk penjelasannya, tapi saya ada pertanyaan lagi : apa yang akan terjadi jika kumparan dalam stator tidak padat/ ada rongga,,,?

        Terimakasih

      • dedy
        Jun 19, 2009 @ 17:57:12

        ini deden tmn aku smp bukan ya? kalo iya… maen ja kerumah…. sekalian bawa motor dan bahan yang akan di perbaiki…. tar tak bantuin wes………. klu lilitan pada angker….. buakn setator namane… itu tidak padat tu g masalah…. asal jumlah sepul yang digunakan dalam satu angker itu sama dengan sepul yang kita bongkar tadi……. itu biasanya sudah pasti padat……. coba mas deden perjelas lagi pertanyaan nya… menurut aku itu pasti padat

  3. untung surapati
    Jun 04, 2009 @ 05:03:22

    sangat seneng sekali saya dapat menemukan tulisan ini buat referensi bagi pemula seperti saya, kalau boleh usul tlg gambarin dong skema belitan untuk dinamo kipas angin, pompa air dan motor 3 phase

    Reply

    • dedy
      Jun 19, 2009 @ 18:00:04

      gambar aku pas stm dah ilang kena gempa…………. yadah besok kalo pas liburan tak coba gambar,,,,,,,,

      Reply

  4. tri
    Jul 13, 2009 @ 08:24:12

    saya melilit motor 3 phase 18alur (2HP), lalu motor dapat berputar dan keluar asap setelah +-5detik,saya periksa tegangan semua normal.begitu juga saklar 3 phase,
    saya ingin menanyakan bgaimana cara melilit motor 3 phase 18 alur (2HP) yang benar..nb:sama tolong saya digambarkan skemanya…

    Reply

  5. dedy9
    Aug 14, 2009 @ 12:23:33

    aku gi pusing….. males mikir…….. bawa ke bengkel aja

    Reply

  6. dody
    Dec 08, 2009 @ 03:21:56

    pak gmn caranya melilit dynamo n tolong kasik panduannya masalahnya gagal terus-san tolong ya pak thnks…………

    Reply

    • dedy9
      Dec 21, 2009 @ 11:06:25

      dinamu tamia ya? hahaha………. lilit dinamo? gmn ya? ku jg g bisa…….. lum pernah nyoba….. tp kyake biasa aja kok… kyak ngelilit motor listrik aja…. anu aja… brosing di google aja

      Reply

      • julion griffin
        Feb 25, 2012 @ 10:49:13

        salamualaikum mas dedy saya gulung generator ac 7kw ,tapi gulungan untuk suplay listrik ke dioda nya nggak kluar arus listrik padaha dah aku gulung bolakbalik (leter s) tapi klo aku ambil dari gulungan salah satu dari setator nya timbul listrik tapi di bebani tegangan nya ngedrob mohon di bagi pengalaman nya trimakasih

      • Dedy Hermawan
        Feb 27, 2012 @ 10:56:43

        maaf aku g tau… itu artikel juga kopi paste… maaf ya?

  7. kkkkk
    Dec 11, 2009 @ 07:36:30

    kurang lengkap cuy…………………………………………………….
    gmbrnya mana. . . ???????????????????????????????????????????

    Reply

    • dedy9
      Dec 21, 2009 @ 11:04:24

      gambare ilang… keno gempa…….. wes tak loak ke……. sesok nek wes ono wektu tak gambar………

      Reply

  8. ervan
    Feb 13, 2010 @ 15:00:11

    mas tolong kasi gambar rangkaiannya ya…

    biar ada pegangan buat belitnya.
    klo bisa star delta juga ya..

    makasie.

    Reply

  9. m@'nun
    May 06, 2010 @ 07:39:55

    salam hormat…
    kami mohon petunjuk merek sirlak yang bagus.tks

    Reply

    • bheniie
      May 12, 2011 @ 11:56:48

      cari aja di toko nya

      Reply

      • Dedy Hermawan
        Jun 08, 2011 @ 08:16:24

        sip. BIRU (Buang Ganti Yang Baru)

    • Jamrudz
      Sep 22, 2012 @ 15:27:15

      HITACHI nomer 63 dah cukup. Kalo kurang kental, pake nomer yg lbh besar lg. (kalo ada)

      Reply

  10. Anto
    May 08, 2010 @ 13:10:44

    Mas aku pingin tau gbr gluggan mto 1pase aku hbi elekro.

    Reply

  11. adiva
    May 08, 2010 @ 13:11:39

    salam knal mas q adiva
    gini q mau tnya #cara untuk membalik putaran motor listrik 3 fasa ap aja????

    Reply

    • dedyhermawan
      Oct 27, 2010 @ 07:59:03

      gampang banget, tingal rubah saja salah satu arus listriknya salah satu fasanya,
      klu motor kapasitor dirubah aja arus kapasitornya

      Reply

  12. suarda
    Jun 09, 2010 @ 07:22:31

    ma kasih mas tas ilmu na

    Reply

  13. ade najmudin
    Sep 07, 2010 @ 16:33:22

    hahhh jgn asal nulis aja…… udah ahli praktikumnya blm? gw udah pengalaman 10 tahun nih di motor listrik

    Reply

  14. ari
    Oct 18, 2010 @ 11:16:21

    anu anu aku mau tanya gman cara buat inverter dengan daya tiggi kan itu juga massalah lilit melilit jadi ku minta saranya gmana??

    Reply

  15. priyo
    Oct 22, 2010 @ 00:32:19

    dedy alamatnya dimana aku pengen belajar langsung ma mas dedy
    karena aku pusing pompa airku sering kebakar

    Reply

    • dedyhermawan
      Oct 27, 2010 @ 07:54:01

      aku orang jogja sewon, addd fb aku, klu jenengan orang jogja… pangil aku aj……

      Reply

  16. wage karsana
    Oct 22, 2010 @ 08:22:02

    saya memiliki motor 3 phase. 205 kw. beberapa waktu lalu digulung oleh teknisi saya.

    kemudian ada trouble, dimana setelah jalan beberapa lama, sekarang tidak bisa jalan. kondisi setelah saya cek, motor normal. tidak hubung singkat.
    gejalanya sekarang adalah :

    pada saat start, begitu arus pada monitor menunjukkan 200A, maka arus tersebut turun kembali ke 0.

    saya mengunakan inverter (mega start).

    pertanyaan :

    apakah inverter ( mega start) tersebut mengalami kecacatan?
    atau motornya yang memang ada masalah?
    bagaimana melakukan pengecekan agar bisa dipastikan bahwa motor atau inverter yang bermasalah?

    terima kasih.

    Wage K

    Reply

  17. lukas
    Nov 08, 2010 @ 12:29:16

    mas boleh belajar gulung ? ajarin ya mas…baru pnya dasar dikit2 coba-coba gulung gagal terus ni…hehhe

    Reply

    • dedyhermawan
      Nov 13, 2010 @ 18:40:59

      asem ki…. aku ra reti… meng iseng aja nampilin gamabr gunung di blog ku… ada yang baca juga to

      Reply

  18. abingz
    Feb 14, 2011 @ 02:13:17

    ajarin saya mas tentang lilitn….?

    Reply

  19. kukkuh
    Mar 07, 2011 @ 09:09:02

    mw mnta tolong gmn cr nyelesain soal ini,
    “generator dc 4 kutub, 30 alur, sisi kumparan tiap alur 4 dililit gelung progresif”.
    makasih sblm nya.

    Reply

  20. muhammad salam
    Mar 18, 2011 @ 00:38:50

    ass. gini mas, saya mau buat tugas akhir nijudulnya ‘pengubahan belitan one layer menjadi two layer pada motor induksi 3 fasa…. dan ni saya musti menggulung, mana saya blom pernah menggulung motor….
    pertannyaan saya,
    1. apa yang saya musti perhatikan
    2. biasanya kesulitannya dmn
    3. kira kira apa2 saja yang saya musti dipersiapkan
    4. n ada gak referensi khusus tentang ni

    Reply

    • dedyhermawan
      Mar 19, 2011 @ 10:30:30

      tugas ahir? wau keren km kuliah dimana? ku juga gi garap skripsiku ne.
      one laye dan two layer ki opoe?
      setauku macam lilitan motorlistrik itu
      Motor listrik dilihat dari bentuk lilitanya dibedakan menjadi 2

      1. Lilitan consentris ( memusat )

      2. Lilitan distribusi ( tersebar )

      Jenis lilitan stator dibedakan menjadi

      1. Jenis lilitan Whole (full) coil

      2. Jenis lilitan Half coil

      Reply

      • wira
        Sep 11, 2012 @ 15:41:38

        bagai mana bntuk lilitan motor induksi 1 phasa , jika G= 24 alur, m= 1 phasa, f=1 phasa, n =1420rpm, mohon penjelasanya. trima kasih

  21. yadi
    Apr 11, 2011 @ 13:27:21

    gimana kalo saya pengen gulung ulang kompa aer,

    Reply

  22. callend.nanda
    Apr 20, 2011 @ 02:25:26

    mo nanya cara gulung motor pompa air ./

    Reply

  23. novandi permana
    Jun 06, 2011 @ 15:19:53

    boss mohon bantuannya,
    saya punya genset dengan daya 2.5 kva, ada error sama anak buah saya pada saat mati listrik, mcb dirumah dari kwh dimatikan untuk untuk menyalakan genset sebagai sumber listrik cadangan,pada saat listrik dari pln nyala tanpa sepengetahuan mcb di kwh dinyalakan tampa memutus hubungan dari genset sementara genset masih beroprasi.tolong jelaskan kerusakan yg terjadi pada genset karena sekarang genset beroprasi tapi tidakmengeluarkan arus pada volt meter posisi o.
    thank boss sebelumnya.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Jun 08, 2011 @ 08:11:26

      kok mcbnya bisa fungsi? harusekan slot/konslet. pa mcbnya terlalu besar dayanya. sesuaikan ampermeternya. itu yang rusak harusnya kumpararan nya. tp kok volt meternya? ganti ja volt meternya. paling lho… ku juga blm pernah terjun kerja. ku masih kuliah

      Reply

      • Jamrudz
        Sep 22, 2012 @ 15:35:58

        Bukan MCB atw ampermeternya ms bro, yg pasti dinamo nya dah terbakar. Hrs di rewinding.

      • Dedy Hermawan
        Sep 24, 2012 @ 15:48:36

        terimakasih mas jarudz dah ngejelasin… aku malah g dong itu.. sekarang beralih profesi aku

  24. yuda
    Jun 07, 2011 @ 11:58:36

    mau tanya…jika saat melilit kita tidak punya diameter kawat yg sesuai apakah kita bisa menggunakan kawat dengan ukuran lain??caranya bagaimana?trima kasih.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Jun 08, 2011 @ 08:06:37

      cari yang lebih kecil aj, tp g tau ding… wes lama g nyepul. dulu pas praktek di stm. ni buat apa ? mosok masih nyepul.

      Reply

  25. aminpray
    Aug 22, 2011 @ 05:08:44

    maz deden mohon pncrahany.mkzud gulungan memusat ma tersbr apa gtu.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Aug 23, 2011 @ 02:04:33

      klu Lilitan consentris ( memusat ) itu ya memusat, masuk kedalam, sampai habis.
      klu Lilitan distribusi ( tersebar ) itu ngelilite sepulnya dimasukin ke alur satu terus 3 masuk 2 keluar ke 5 masuk 6, klu g salah seh…. gambarnya ini

      Reply

  26. Andrean
    Sep 09, 2011 @ 03:16:51

    Slam knal om, mhon pnjlasan’y
    kan klo mtor lstrik yg bgus tu Cos pi’y 0,8 smpe 0,9 n g mngkin 1, klo 1 brarti brenti. Ko bsa brenti om? Mksud’y tu jd gmn?
    Thank’z

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Sep 09, 2011 @ 14:23:06

      yap,

      cos phi ideal = 1 (beban resistif)

      – beban induktif = yang mengandung lilitan (motor pompa, kipas, kompresor kulkas dan AC dll)

      – beban kapasitif = yang mengandung kapasitor (jarang ada) misal alat las

      beban induktif dan kapasitif = cos phi < 1

      akibat cos phi < 1 = arus naik = bayar listrik mahal…

      sebenarnya aku ya kurang tau tentang hitung hitungan gitu..

      menurut forum yang saya baca

      faktor daya atau cos phi adalah perbandingan daya aktif (kW = kilo watt) dengan daya semu (kVA). Bisa digunakan rumus phytagoras tentunya dengan mengambar segitiga siki-siku. Sumbu X merupakan daya nyata sumbu Y merupakan daya reaktif dan daya semu adalah garis yang menghubunkan titik nol dengan ujung daya reaktif. Pada saat menggambarkan daya nya (kw) salah satu ujungnya berasal dari titik nol (titik perpotongan sumbu X dan sumbu Y.

      tp ya ku radong… yang saya ingat perbedaan antara lilitan bantu dan lilitan utama itu harus 90 derajat listrik maka motor listrik akan berputar sempurna. tp itu g bisa 90 derajat persis. klu cos phi kurang tau aku. yang jelas itu buat memperbaiki faktor daya nilai kapasitornya harus sesuai. biar listriknya irit.

      Reply

  27. asep
    Sep 11, 2011 @ 16:31:49

    knalin nma q asep
    mo tnya ne blan kmren aq bli pompa air tp ltak ny d gantung d dlam smur cma d saat hjan mesin ny bsah kna air hjan jd skrg mesin ny g hdup lg…tp stelah sy bgkar msin ny hdup tp putaran ny g knceng…
    Llu aq cba ganti kapasitor g bsa jga…
    Tp mesin emg bs muter tp per dket pompa ny g sy psang klo per ny d psang mlah g mter sma sekali…klo d per ny d cpot mesin muter,tp g knceng g bs narek air…
    Mhon pncrahan ny txs…

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Sep 12, 2011 @ 08:30:07

      saya kira itu sudah kebakar lilitanya. jd ya kayak gitu… coba pasnyala dicek arusnya pasti gede… terus mcb anjlok.

      Reply

  28. sujarman
    Oct 01, 2011 @ 16:02:55

    saya mau minta tolong bang
    saya butuh referensi cara rewinding motor listrik 3 phasa 2 hp

    Reply

  29. edwin
    Nov 24, 2011 @ 04:24:12

    pak,,saya edwin dari politeknik,,,
    pak saya mau nanya bagai mana caqranya mengulung motor 1 fasa..trus menentukan penampang buat kawat mailnya tu berapa mili ya pak,,
    minta tolong pak,,
    krimin ke email
    edwin_primahandi@yahoo.com
    jawaban sama sarannya di tunggu ya pak????

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Nov 27, 2011 @ 04:20:11

      teorinya gampang tp prakteknya susah… pake biaya lagi…. beneran mau nyoba km?

      Reply

  30. rofiq
    Dec 21, 2011 @ 16:37:22

    Yang termasuk Jenis Motor AC Universal apa aja ya?
    Bisa tidak Motor Kipas Angin Kecepatan Nya di atur berdasarkan suhu. Motor kipas angin mau saya gerakkan kecepatannya memakai mikrokontroler dan sensor suhu.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Dec 28, 2011 @ 03:51:34

      aku yakin bisa, pp caranya yang belum tau… pelajari aja. buat skripsi ya?

      Reply

  31. fachrizal
    Dec 27, 2011 @ 16:44:52

    mas klo punya lampiran komponen list panel pusat kontrol motor, tanks so much

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Dec 28, 2011 @ 03:53:30

      g punya e… mau minta yang gmn? teknologi semakin canggih. setau ku ya itu yang aku tulis di blog, walau aku ming ngopi tp dulu pas stm aku pernah praktekin

      Reply

  32. sanusi
    Jan 23, 2012 @ 03:51:30

    mas gimana rumus untuk menggulung dinamo 7,5 kw 3 phase langkah slotnya berapa?? thank’s

    Reply

  33. Dwi Cahyo Nugroho
    Jan 27, 2012 @ 08:16:50

    gini mas dedin misal ada motor induksi 1 fasa berjumlah :
    m : 2
    G : 24
    p (pasang kutub) : 4
    maka “q” nya, berpa?
    terus, daftar lilitnya dari mana ke mana?

    Reply

  34. neutron
    Mar 05, 2012 @ 10:03:06

    mas maw tanya, motor yang lilitanya pake alumunium itu ad g sih?
    terus bagusan mana?
    kalo ada refrensinya, aq minta y mas, trima kasih sebelumnya. . .

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Mar 11, 2012 @ 00:28:49

      g tau aku.. setauku pada pake sepul kawat tembaga, coba tanya google

      Reply

  35. Kakateagutawa
    Mar 05, 2012 @ 23:21:16

    Ada skema dinamo pake angker tidak

    Reply

  36. aki legeg
    Mar 09, 2012 @ 12:38:39

    om.. kl dinamo mesin cuci pengering cara menggulung nya gimana?kemana arah dan mohon gambar gulungannya..trimasih..

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Mar 11, 2012 @ 00:26:35

      g,mnya? beli baru aja kenapa? tinggal pasang g repot

      Reply

      • rupi'i
        Mar 19, 2012 @ 00:36:46

        setuju gan beli baru aja. Selisih harganya juga gak jauh beda. Ini mesin cuci bagian spin saya juga rusak molisnya

  37. Peot
    Mar 16, 2012 @ 18:34:37

    Wah lagi mumet mampir sini malah tambah mumet, mau nanya. mslh dinamo. nanti malah suruh beli baruu., Rak kacek Ded ded..
    Mumeeet mumeeeet ….. Dedy Hermumetii Kek x4

    Reply

  38. Barmawi
    Mar 31, 2012 @ 05:03:04

    Gimana membalik putaran kipas angin yg kebalik mas, udah tak bongkar tp bingung kabel mana yg akan di tukar?

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Apr 07, 2012 @ 15:16:04

      arus listrik yang melewati kapasitor intinya… dibalik.. caranya gmna ya? intinya cuma balik arus yang itu

      Reply

  39. joko_ganden
    Apr 18, 2012 @ 13:40:39

    mas dedy gambare dong tlng. mas sy pernah di ajari ditempat magang cara melilit motor 3phase >18 alur (36 pe 48). trus kata mentorny ada jenis belitan sistem group sama sistem diamon. nah pertanyaanny, beda keduany dari sisi arus, tegangan, putaran ma penggunaany yaa ? suwon.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Apr 23, 2012 @ 11:01:17

      bingung.. maaf ya? setauku kumparan motor listrik ifu full coil dan half coil. tanya pak gurumu aja saranku.

      Reply

  40. joko_ganden
    Apr 24, 2012 @ 14:18:53

    sampon mas hehehe, kmaren iseng tak tanyakno lg,, katany bedanya itu slip nya ma putaranny bs atur.. slipnya bs d perkecil mas..hehehe
    kalo ad ilmu yg laen tulung di share ya mas, trutama untuk transformator.. salam..

    Reply

  41. Alim
    May 01, 2012 @ 20:12:08

    Mas ded saya mau tanya, bagaimana cara mengetahui rpm motor listrik, dengan hanya melihat daya da amper serta luas penampang kawat….?
    mohon penjelasan.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      May 01, 2012 @ 20:28:00

      g tau aku… setauku di name plat kae kan ada tulisane, dan kalu g ada tulisane di ukur pake tachometer. dipelajari aja, mungkin jos klu dikembangkan penemuanmu.. dadi profesor koe

      Reply

    • joko_ganden
      May 10, 2012 @ 02:12:43

      mf nih ikut nimbrung,, kalo dari jumlah koil masih bs mas alim. kalo 12 koil itu biasae 1500 rpmny tp kalo 6 koil itu 3000 rpmnya.. rumuse gni, rpm =120f/jumlah kutub (pole). jumlah kutub = jumlah koil /3.. gt mas,,hehe

      Reply

  42. joko_ganden
    May 10, 2012 @ 02:18:52

    Mas dedy, nyimpen software analisis faktor daya ga ? bagi dong..

    Reply

  43. Jamrudz
    May 22, 2012 @ 23:05:51

    Coba ada gambarnya, pasti lebih muantap.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      May 25, 2012 @ 14:35:45

      ini juga cuma ming neng ngopi je mas… tersesat di blogku ya?

      Reply

  44. ReginaPuspa
    May 31, 2012 @ 09:10:21

    Assalamualaikum.
    ka dedy numpang iklan, hehe
    Yang butuh jasa service genset bisa add fb aku Anggi Regina P ,cv ayah ku bidang genset . thx mas dedy

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Jun 29, 2012 @ 01:07:22

      ok, monggo… klu wilayah jogja saya siap kerja sama sama njenengan

      Reply

  45. Jamrudz
    Jun 17, 2012 @ 11:35:06

    Numpang nanya lg mas bro, ttg trafo. Utk hitung Gulungan Per Volt, sprt nya ada 2 rumus.
    A. gpv=120 x hz di bagi luas teras kern yaitu tebal x panjang.
    B. gpv=120 x hz dibagi keliling kern yaitu 2(panjang+tebal).

    Yang benar yg mana mas bro? Mohon penjelasannya. Matur nuwun.

    Reply

  46. Jamrudz
    Jun 17, 2012 @ 11:44:08

    Mf, rumus yg di atas salah. Maksudku utk menentukan Gulungan Per Volt adalah:
    A). gpv=56 x 1 gulung dibagi keliling kern. Dimana keliling kern=2(panjang+tinggi).
    B). gpv=50 x 1 gulung dibagi luas teras kern. Dimana luas teras kern= panjang x tinggi.

    Yg benar yg mana mas bro ?

    Reply

  47. Jamserdamanik
    Jul 22, 2012 @ 09:49:08

    Gmn cra mnntkn emailnya untk stator ke rotornya pak tlng bntuan bapak

    Reply

  48. FeryJuni Franco S
    Aug 02, 2012 @ 07:23:22

    cara merubah arah putar motor asinkron 3 fasa?
    cara mengatur kecepatan putar motor dc?
    ada yg tau gak?
    bantuannya donk.

    Reply

  49. Niko
    Aug 04, 2012 @ 11:58:37

    Brpa diameter kwt email dan beratnya untuk generator rrt 3kw, 5kw, 10kw, 15kw dan 20kw. Statornya aja.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Aug 09, 2012 @ 21:48:40

      maaf… saya g bisa jawab… makasih kunjungannya

      Reply

  50. Jamrudz
    Sep 22, 2012 @ 15:32:42

    Yg beroperasi tuh pasti penggeraknya, sdgkn dinamo nya pasti dah terbakar. Maka walwpun generator nyala, tetap aja ga kluar arusnya.

    Reply

  51. Maulana Sulthon Sulayman
    Apr 20, 2013 @ 06:21:21

    Saya ingin bertanya,
    Untuk perhitungan conversi tenaga pada motor listrik dan beban,
    Apakah tenaga (HP) misalnya 1 HP dihitung dalam conversi KWs atau KWh

    Reply

  52. abdul aziz
    May 03, 2013 @ 20:32:09

    mas saya mau tanya ada ga si software nya untuk gulung motor 3 fase ,untuk mengetahui amperenya. jadi gini mas kemaren mandor saya gulung motor 75hp 2p teruz pake kawat 120mm kalo yg aslinya jalan 10 ,dia rombak jalan 5 , terus kalo yg asli masuk 2,rombakannya juga masuk 2,truz pas di tes ampere cuma 5 ampere, makannya yaya mau tanya ada ga software untuk mengetahui gulungan tersebut amperenya.

    Reply

  53. ocep
    Jul 08, 2013 @ 02:58:46

    Maaf Mas mengganggu,mau nanya ni,dimana tmpat kursus gulung dinamo disurabaya yang bagus..? terima kasih.

    Reply

  54. Suyono
    Jul 24, 2013 @ 13:04:28

    Aslkm Mas Dedy
    Saya mau tanya mengenai motor 3phase. jika motor saya hubung dengan sytem delta, motor mutar kencang tapi setelah sekian detik MCB anjlog. Motor sangat panas. Tapi kalau dihubungkan dengan sytem bintang motor mutar dan tidak panas. Apa benar analisa saya pabrik menghubungkan ujung lilitannya ada yang terbalik (arah lilitan ada yang terbalik) Jika menerut mas Dedy analisa saya benar, bagaimana cara mencari gulungan yang terbalik tersebut. Matur suwun. Wass.

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Nov 03, 2013 @ 19:02:34

      udah di sambung ke netral belum? klu delta titik tengahnya di sambung ke netral, jangan RST tok

      Reply

  55. bambang
    Aug 24, 2013 @ 15:23:14

    mas salam kenal, maaf mas numpang tanya kalo cara menambah tenaga putaran motor listrik selain bagai mana ya mas biar putaran lebih kencang dan tenaganya kuat. trims

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Nov 03, 2013 @ 18:50:45

      ada 3 cara yang bisa di lakukan.
      1. kawat (kumparanya) di perpanjang
      2. frekuensi listrik di besarin.
      3. yang satunya lupa.. hehehe aku g dong sakjane

      Reply

  56. mathias.l
    Sep 11, 2013 @ 15:54:57

    Terimakasih saya sudah baca mangenai dinamo 1pase & 3 pase nya,yg ingin ditanyakan, cara mengetes nya apabila ada troble nya,klu bisa beri skema nya.makasih infonya.

    Reply

  57. riki ramadhan
    Sep 23, 2013 @ 10:37:08

    mas saya mau tanya ada berapa kumparan di motor 3 fasa 18 alur ,dan klo bisa sama gambar alurnya ,mohon bantuannya yah mass ,maklum anak smk mas

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Nov 03, 2013 @ 18:43:22

      hehehe, g ada di sini. cari di tempat lain saja ya? maaf

      Reply

  58. rozie
    Oct 29, 2013 @ 11:45:57

    . ternyata menggulung kawat pada motor listrik tak sebanding dg hanya cukup melihat saja, tapa btuh ketelitian yang jernih untuk mengetahui segala langkah-langkah yang di butuhkan pada motor tersebut.. :D

    Reply

    • Dedy Hermawan
      Nov 03, 2013 @ 18:42:19

      perlu belajar langsung di lapangan dan ada yang membimbing ya intinya… saya sangat setuju

      Reply

  59. suparlien
    Dec 02, 2013 @ 03:32:58

    aku akan coba u/memahaminya

    Reply

  60. zl
    Jan 17, 2014 @ 16:36:54

    mw nanya klo mw nentuin kumparan utama ma kumparan bantu di motor 1 phase caranya gimna? apa bisa di cek pke multi tester?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: