Google, saat ini masih diminati oleh pengguna internet dengan search enginenya. Tentu saat ini bagi webmaster, tidak hanya bisa membuat dan membangun sebuah website, namun juga bagaimana cara agar website tersebut laku dimata user pengguna internet. Satu hal yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan search engine agar muncul di halaman pertama di search engine, terutama google. Sehingga banyak, yang saat ini pengembang web berlomba-lomba agar websitenya terindex di google dan mengoptimasikannya dengan SEO agar muncul di posisi 1. Apalagi jika terdapat cara jitu untuk dapat terindex di google.

Nah sebelum mengetahui bagaimana cara jitu terindex di google, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana search engine bekerja sehingga mampu memunculkan hasil.

  1. Crawling, adalah proses mengambil informasi yang berguna dari sebuah halaman website. Biasanya dilakukan oleh spider, sebuah mesin yang kerjanya mencrawl informasi page. Ketika sebuah spider menemukan suatu link dia akan menelusuri kembali link-link tersebut, begitu pula seterusnya. Namun, tidak semua link spider mau menelusurinya, maka ada istilah link-link yang dofollow. Link dofollow artinya link tersebut dibolehkan oleh sebuah page untuk dicrawl oleh spider-spider mesin pencari. Spider untuk google, dinamakan googlebot.
  2. Indexing, adalah proses memasukkan data yang dibawa oleh spider kedalam database. Nah, proses indexing disini dilakukan untuk mengurutkan data tersebut sesuai algoritma masing-masing search engine. Pada google pagerank menjadi algoritma penentuan indexing. Dimana semakin tinggi pagerank, maka posisi indexing akan berada di urutan teratas dalam sebuah database.
  3. Searching, adalah proses pencocokan data dari pengguna yang ingin mencari sebuah keyword dengan database sesuai dengan indexing yang ada. Sehingga apa-apa yang sesuai dengan keyword yang dicari akan dimunculkan berdasarkan urutan indexing.
  4. Result, adalah proses menampilkan hasil dari searching yang dilakukan oleh perngguna terhadap mesin pencari. Sehingga hasil yangdimunculkan merupakan jawaban dari proses searching suatu database yang sudah terindex. Dan biasanya pengunjung hanya akan melihat hasilnya antara page 1-5, jika mereka tidak menemukan hasilnya pada page tersbut, maka keyword pencarian akan diganti dengan lainnya.

Dari proses itulah, indexing menjadi penentu dimana sebuah informasi pada suatu halaman website akan diurutkan dalam database yang nantinya akan berimbas pada hasil pencarian. Dan proses indexing ini diawali dengan crawling sebuah halaman website. Sehingga sekarang bagaimana agar sebuah halaman website terjamah oleh spider mesin pencari terutama google ?!?. Dan akhirnya akan terindex dalam database google. Secara sederhana terdapat 2 cara jitu :

  1. Otomatis, artinya spider akan otomatis mendatangi halaman website kita dan nantinya akan mendapatkan informasi dari website kita kemudian mengindexnya dalam database. Nah, cara ini dapat terjadi apabila link-link website kita diletakkan dalam website-website yang sudah terindex. Artinya pada pola ini kita harus banyak menebar link terutama link-link yang dofollow.
  2. Manual, artinya kita memasukkan sendiri link kita kedalam list spider sebuah mesin pencari. Pada google terdapat alamat yang dapat dijadikan untuk mendaftarkan link, yakni addurl. Dengan memasukkan link kita kedalam list spider tersebut maka setidaknya website kita termasuk kedalam list spidernya google. Sehingga memungkinkan website kita akan terjamah oleh spider dan akhirnya akan terindex oleh google.

Yup, kedua cara itulah cara jitu terindex di google. Baik yang otomatis maupun manual semuanya bisa dilakukan. Sehingga nantinya akan mengindikasikan seberapa cepat website kita terindex oleh google dengan kedua cara diatas.

sumber :

http://www.afwan.net