Grounding adalah sebuah perangkat instalasi yang berfungsi untuk melepaskan arus listrik kedalam bumi salah satu kegunaannya untuk pelepasan muatan arus petir.

Grounding atau pembumian bisa di buat dengan 2 bentuk :

Pertama berbentuk Pasak / Tegak lurus,

Yakni batang logam yg di pasang tegak lurus masuk kedalam tanah

Kedua berbentuk Mendatar,

Yakni batang logam yg di tanam mendatar dengan kedalaman tertentu bisa mengelilingi bangunan membentuk cincin atau cakar ayam.

Atau juga kedua teknik ini di terapkan bersamaan dengan acuan tahanan sebaran kurang dari 5 Ohm yang di hasilkan setelah pengujian menggunakan alat Tester Tahanan Sebaran / Eard Tester Ground .

Bahan yang di pergunakan asal logam , dengan pertimbangan utama tahan korosif , Jadi apabila suatu daerah yang memiliki kandungan air tanah bergaram /pantai sebaiknya menggunakan bahan Tembaga atau stainlesteel dan bila air tanahnya Tawar maka menggunakan bahan Besi bisa di pakai.

 

 

Cara Instalasi Penangkal Petir Rumah, Kantor dan Pabrik

Instalasi penangkal petir untuk rumah, kantor, gedung dan pabrik adalah memberikan saluran elektris dari atas bangunan rumah, kantor, gedung dan pabrik ke tanah dengan tujuan bila ada sambaran petir yang mengenai atas bangunan rumah, kantor dan pabrik tersebut, maka arus petir bisa mengalir ke grounding bumi dengan baik dan cepat dan tidak mengalir ketempat yang tidak kita inginkan.  Standart kabel BC yg di gunakan adalah minimal 50 mm”  ( SNI ) atau lebih, untuk memilih kabel di bawah 50 mm” tidak di sarankan walau kenyataan di lapangan banyak di gunakan dan sangat tidak kami rekomendasikan.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memilih jalur penurunan kabel , ada 2 hal penting dalam pemilihan jalur kabel ini. Pertama jalur terpendek dengan pertimbangan Hemat dan Tahanan kabel kecil. Kedua sesedikit mungkin belokan agar tidak terjadi loncatan keluar jalur kabel (Site Flasing)

Pekerjaan pemasangan kabel BC 50″ sebaiknya dimulai dari bawah / grounding bumi, kemudian ditarik keatas melewati atap bangunan rumah, kantor dan pabrik dengan menggunakan air terminal penangkal petir konvensional maupun radius. Air terminal ini sebaiknya di pasang bersadarkan kebutuhan dan kegunaan di lapangan, serta juga disesuiakan dengan budget yang ada.
Perlingan areal terhadap bahaya petir

Lokasi banguan rumah, kantor, gedung dan pabrik atau tempat tinggal yang dekat  tower BTS sebuah provider seluler atau bangunan yang menjulang tinggi sudah seharusnya dipasang penangkal petir, karena tingkat resiko disambar petir pada bangunan  rumah, kantor, gedung dan pabrik atau tempat tinggal lebih sering dibandingkan dengan areal sekitar yang lebih rendah. Jadi lokasi seperti itu sangat berresiko terkena sambaran petir