Kalau Anda seorang programmer, akunting atau auditor tentunya sangat mengandalkan Otak Kiri. Kalau Anda seorang penyanyi, pemusik atau pelukis pastinya Otak Kanan yang sangat berperan. Nah kalau Blogger, apakah lebih banyak menggunakan otak kanan atau otak kiri. Tidak peduli Anda sebelumnya berprofesi yang cenderung banyak menggunakan otak kiri, dalam blogging kebutuhan akan Otak Kanan sangat penting. Dalam dunia blogging, ketrampilan menuangkan ide, gagasan atau karya di Blog membutuhkan semacam kemerdekaan berpikir. Otak kanan yang memang ’sarangnya’ kreativitas mengambil peranan penting disini. Otak Kanan cenderung tidak menggunakan analisa yang kritis dan ‘njelimet’, cukup gagasan sekilas dan langsung dapat ‘ditorehkan’ dalam bentuk Blog. Biasanya justru bila Otak Kanan Anda sudah sangat terlatih, waktu malah terasa sekali untuk mendokumentasikan ide dan gagasan Anda yang begitu derasnya mengalir dalam bentuk tulisan di Blog. Nah bagaimana cara mudah untuk mengasah Otak Kanan ini bila mungkin Anda (dan saya) dalam profesinya cenderung sering memakai Otak Kiri ? Silahkan simak poin – poin di bawah ini :

1. Mendengarkan Musik, dengan mendengarkan musik yang menyenangkan kita tentunya, otak akan terasa rileks. Saat otak rileks tentunya kita dengan mudah menerima ide dan gagasan segar tanpa harus banyak berlogika.

2. Bergurau , saat kita terseyum atau tertawa saat itu juga terbuka lebar jalur menuju Otak Kanan. Pikiran kita akan selalu merespons gurauan orang lain atau teman secara spontan dan ini merupakan olahraga yang baik untuk Otak Kanan.

3. Berlibur, kesibukan dan rutinitas kerja membuat kita seperti robot industri. Ini tentunya membuat kita jauh dari kata rileks. Pergi berlibur tidak harus ke luar kota yang memakan banyak biaya, cukup ke tempat hiburan lokal dan yang terpenting kita bisa memanusiakan diri sendiri, jangan menjadi robot industri.

4. Bermain, sepertinya kalau yang satu ini semua juga suka. Games komputer ataupun permainan tradisional sama saja. Anda suka game online Pangya atau Anda suka congklak ? semua permainan merupakan cara yang mengasyikkan untuk mengasah Otak Kanan kita.

5. Melukis, hei melukis ? yup walaupun kita bukan pelukis, gak ada salahnya mencoba resep yang satu ini. Saat tangan kita menorehkan kuas di atas kanvas, saat itu juga kita berusaha membuat suatu karya yang indah, walaupun hasilnya mungkin juga tidak indah , hehehe… keindahan ada di sisi Otak Kanan.

6. Berkhayal, tidak selamanya berkhayal atau berimajinasi itu jelek. Justru banyak karya karya besar berasal dari khayalan tinggi para penemunya. Seorang pengarang handal tentunya harus punya imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan karya bagus. Pesawat terbang, mobil dll semua berasal dari daya khayal yang tinggi sebelum semuanya menjadi produk nyata.

Nah sudah saatnya kita mulai sedikit (banyak) memanjakan Otak Kanan kita agar kita dapat mengambil manfaat yang lebih terutama dalam urusan Blogging ini. Karena Otak Kanan jugalah yang membuat saya masih tetap Blogging sampai detik ini walaupun terkadang si Otak Kiri suka ‘mengganggu’ dengan jadwal pekerjaan yang terasa membosankan, ehem… Selamat Mencoba !